Minggu, 08 April 2012

Bahasa Tubuh Kucing dan Tips Memelihara Kucing

Saya mau sedikit sharing pengalaman dan pengetahuan saya tentang kucing nih. (karena tiba-tiba saya rindu kucing saya yang lama tak pulang, semoga dia baik-baik saja).

Beberapa arti gerak tubuh kucing: 

1. Jika kucing Anda menggoyang-goyangkan ekornya dengan wajah tanpa ekspresi saat Anda sentuh, itu tandanya kucing Anda merasa tidak nyaman diperlakukan seperti itu. sebaiknya jangan dilanjutkan, atau Anda akan berakhir tercakar oleh kucing.

2. Seekor kucing yang sedang bergembira akan mengulurkan dan kemudian menarik kembali kuku-kukunya, dan setelah itu ia akan mendengkur dengan kuat serta mengibaskan ujung ekornya.

3. Jika kucing Anda memejamkan mata saat Anda elus-elus atau sekedar menggaruk-garuk leher atau kepalanya, itu tandanya dia menikmati dan merasa nyaman (dan biasanya dia meminta lagi saat kita sudah tidak mengelusnya). tapi sebaliknya kalau saat dielus mata kucing tersebut tetap terbuka lebar atau bahkan melotot, itu tandanya kucing itu sedang tidak mood untuk dielus-elus atau sedang memusatkan perhatiannya pada hal lain.

4. Kucing yang melipat kupingnya ke belakang dan cenderung bersiap untuk berjalan mundur saat orang asing mendekat pertanda bahwa ia tidak suka didekati orang tersebut.

5. Kucing kecil liar yang tidak dipelihara orang biasanya akan takut jika ada yang mendekat. Namun, jika Anda sudah menggendongnya dan mengelusnya perlahan, biasanya dia akan merasa tenang dan rileks. Tapi tetap saja dia akan langsung kabur bergitu Anda selesai mengelusnya.

Tips-tips memelihara kucing:

1. Lebih baik memberi makan kucing Anda porsi kecil sebanyak 2 - 3 kali sehari dibandingkan dengan memberinya sekali makan porsi besar.

2. Rajin-rajinlah mengajak kucing Anda berolahraga atau bermain sekadar menggerakan tubuhnya supaya dia tidak menjadi kucing gendut yang tidak berotot. karena kucing pun bisa kelihatan macho.

3. Mandikan kucing Anda seminggu 2 kali dan atau setiap kali dia kotor. kemudian bila Anda mengeringkan bulunya menggunakan hair dryer, pastikan suhu tidak terlalu panas dan bulu tidak terlalu kering, karena kucing akan melakukan pengeringan sendiri dengan cara dijilati. dan air liurnya akan membuat bulunya halus. (tips ini tidak berlaku pada kucing ras Sphynx, karena mereka hampir tidak berbulu).

kucing Sphynx


4. Bila Anda memakaikan kucing Anda kalung kucing (semacam choker), usahakan untuk memasangnya agak longgar, karena kucing tersebut akan merasa gatal apabila kalung tersebut terlalu kencang. selain itu, hal tersebut juga dapat merusak bulu-bulu di sekitar lehernya.

5. Jangan terlalu sering mengurung kucing Anda di dalam kandang, karena dia akan merasa sendirian dan terisolasi. Itu tidak menutup kemungkinan jika dia akan tiba-tiba menjadi semacam hilang kendali.

6. Bagi Anda yang selalu memberi makan kucing Anda dengan makanan kucing instan (seperti whiskas, frieskies, dan sebagainya), sebaiknya selingi dengan makanan alami seperti ikan (yang bisa juga dicampur dengan nasi supaya banyak memberikan tenaga) atau telur, karena makanan alami akan menjaga kucing Anda agar tidak menjadi terlalu gendut.

18 komentar:

  1. Maaf, sekedar koreksi dalam opini pribadi (yang didasari literatur kesehatan hewan & obrolan dg doker hewan)

    - kucing jgn diberi nasi, berbeda dg manusia kucing tidak bisa dan tidak perlu diberi protein nabati. pencernaan kucing tercipta untuk mengolah protein hewani saja.
    - sangat tidak disarankan memandikan kucing terlalu sering, cukup 1x seminggu atau 1x per 2 minggu
    - proses pengeringan kucing juga harus maksimal, karena bulu kucing yang lembab di khawatirkan akan menjadi awal pertumbuhan jamur
    -sebaiknya kucing diberi dangging ayam yang sudah direbus atau ikan yang sudah direbus (daging ikan dan berbagai jenis tulang tulangan kerap membuat bulu kucing menjadi rontok)

    sekian terima kasih (CMIIW,IMHO)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya setuju. Itu yg dianjurkan vet.. Pada dasarnya karbohidrat seperti nasi memang tidak baik utk pencernaan kucing. Terlalu sering memandikan kucing juga malah bisa membuat bulu kucing rontok & kulitnya berjamur karena lembab

      Hapus
  2. Info yg sangat berguna sekali buat para pecinta kucing,termasuk saya...

    BalasHapus
  3. Saya dr kecil piara kucing indonesia(lokal-bukan sebut kucing kampung) makanan sehari2 ikan di campur nasi..ikannya di pindang/dimasak kuah,klo emg malas manasin satu2 ikannya(digoreng). Kuah nya bantu buat dia biar g kering2 amat ngunyah tu nasi.hhi...alhamdulilllah baik2 aj semua nya..:)

    BalasHapus
  4. kucing saya juga saya kasih nasi sama ikan cuek mentah.. alhamdulillah baik2 aja.. malah lebih lahap makannya dibanding saya kasih makanan kucing instan. :)

    BalasHapus
  5. Bknkh kucing sebaiknya jgn dimndikan ? Yg says baca KNP kucing takut air, krn air wadah pmbwa virus, kucing mmberdihkn bdnnya dgn mnjilt tubuhnya dijmin bersih Dan bebas virus

    BalasHapus
  6. Tubuh kucing memang tdk bs menyerap nasi, ada yg kalau dikasih nasi kotorannya cair ada jg yg biasa aja (padet2 aja) tergantung kucingnya.. Sy punya 2 kucing selalu selang seling menu pakannya, nah yg 1 kalau dikasih nasi pasti mencret yg 1 lg biasa aja kotorannya.. (Padahal dua2nya lahap bgt kalo makan nasi sama ikan kembung kukus)

    BalasHapus
  7. klu kuncing kampung biasAnya makan nasi gak masalah...

    BalasHapus
  8. Kalau saya mempunyai kucing kampung sekitar 4 kucing. Namanya, Pussy, Ucil(ketemu di sekolah), Miong,dan kumbang. Dulu, saya punya kucing sebanyak 12 kucing. Tapi, sudah hilang dan mati. Namun, saya tetap sabar. Saya harus menjaga ke-empat kucing saya. Yah, memang nasib saya karena saya selalu berkata benar jika saya berbicara dengan sesuatu yang mengerikan atau tidak masuk akal. Hmm, gitu aja deh.

    BalasHapus
  9. Untung kucing saya kucing kampung, jadi makananya ga ribet dan bisa berburu sendiri. Kadang juga saya kasi makan nasi yang saya campur dengan blue band dan lauknya ikan atau ayam atau telur, kadang juga cuma aku kasi ayam rebus atau ikan goreng aja. Yang satunya ga rontok tu bulunya... yang satu sih rontok karena lagi hamil juga

    BalasHapus
  10. Untung kucing saya kucing kampung, jadi makananya ga ribet dan bisa berburu sendiri. Kadang juga saya kasi makan nasi yang saya campur dengan blue band dan lauknya ikan atau ayam atau telur, kadang juga cuma aku kasi ayam rebus atau ikan goreng aja. Yang satunya ga rontok tu bulunya... yang satu sih rontok karena lagi hamil juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. ML yuk ngaceng gede nih keras siap tusuk memekmu yang harum legit merah.... crooot

      Hapus
  11. Kasih makan kucing boleh, tapi jangan lupa kasih makan keluarga. Udah itu aja

    BalasHapus
  12. Kucingku 3 sehat2.. santapan hari2nya me'o & whiscas seminggu 2x..
    Pengen piara kucing hutan (blacan).. sayangnya tuh mpus dilindungi pemerintah.. ga jadi deh.. hehe..

    BalasHapus
  13. Memek tebel legit..slluuuurrppp aaah.... ML yuk ngaceng nih...

    BalasHapus