Senin, 08 Juli 2013

Resep Ayam Saus Tiram Pedas

Pada saat bulan liburan gini, kebanyakan dari kita nggak tahu mau ngapain. Para social butterfly, sibuk gaul di social media, update status, berusaha ngetweet yang menarik supaya di RT orang, upload foto instagram berharap supaya dilike orang atau sekedar nambah followers. Traveller, sibuk ngebolang, nyasar sana sini tapi tetap bahagia. Aktivis, sibuk organisasi, mondar mandir sana sini buat rapat. Jomblo? Sibuk di depan laptop, nonton video nggak jelas, mantengin status orang, mantengin timeline, sekalinya update status? galau.

Kamu masuk di kategori mana? Nah, kalau saya sih daripada bosen, liburan gini buat eksperimen masakan. Contohnya Ayam Saus Tiram Pedas yang barusan saya bikin. Kalau penasaran, yuk dilihat resepnya:

Bahan utama:
1 Dada Ayam - Potong dadu ukuran sedang
1 Bawang Bombay - Iris tipis
3 Bawang Putih - Cincang halus
5 Cabai Merah atau Cabai Hijau - Iris memanjang

Bumbu:
Garam
Lada
Saus Tiram
Saus Sambal/Saus Tomat (sesuai selera)
Kecap Manis
Gula (Optional)

Nah, cara membuatnya:
Pertama, panaskan sekitar 5 sendok makan minyak goreng. Masukkan bawang bombay dan bawang putih, oseng-oseng sampai harum, lalu masukkan cabai, oseng-oseng sebentar.
Kedua, masukkan potongan dada ayam, aduk-aduk rata. Kemudian masukkan garam, lada, saus tiram, saus sambal/saus tomat, dan 1 sendok teh gula. Aduk-aduk kembali sampai setengah matang. Setelah itu tambahkan kecap manis sesuai selera (terkadang ada yang merasa tidak perlu kecap manis setelah ditambahkan gula tadi, ada juga yang sebaliknya. Tujuan ditambahkan kecap manis adalah supaya manisnya meresap ke dalam ayam dan supaya warnanya coklat menggugah selera)
Tambahkan sedikit air supaya bumbunya lebih meresap dan masakannya tidak kering. Setelah matang, angkat deh

Selamat mencoba :D Bila ada pertanyaan, silakan bertanya.

0 komentar:

Posting Komentar